TUGAS KE-2 : Menentukan Fakta dan Opini dari Berita

by - 10/09/2012

Tugas kedua yang diberikan oleh Pak Iwan untuk mata kuliah Penulisan Berita dan Opini yakni menentukan fakta yang layak menjadi berita dan opini dari penulis dari media cetak. Berita tersebut mengandung unsur ekonomi, pendidikan, kesehatan dan politik.


Saya mengambil berita dari Koran kompas dan Republika edisi Selasa, 9 Oktober 2012. Berikut penjabarannya.

1. Politik


Berita di atas berjudul “Presiden Minta Kasus Simulator Ditangani KPK”. Berita tersebut diambil dari Koran kompas. Banyak fakta yang layak menjadi berita dan ada pula opini dari penulis. Berikut penjabarannya.

Fakta : Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia menyerahkan penanganan kasus korupsi proyek simulator surat izin mengemudi kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. (paragraf pertama)

Opini penulis : Kasus simulator diduga melibatkan bekas Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jendral Djoko Susilo dan merugikan negara sekitar Rp 100 miliar. (paragraf keempat)

2. Kesehatan

Berita kedua mengenai kesehatan yang berjudul “Jauhkan Anak dari Infeksi Rabies”. Berita tersebut diambil dari Koran kompas. Berikut penjabarannya.

Fakta : Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), risiko anak terkena rabies empat kali lebih tinggi dibanding orang dewasa. (paragraf pertama)

Opini penulis : Bagi Anda yang memiliki anak yang kerap bermain-main dengan anjing, baik peliharaan maupun anjing liar, hati-hai terhadap infeksi rabies. (paragraf pertama)

3. Ekonomi


Berita ketiga yakni mengenai ekonomi dengan judul “Harga Apartemen di Kawasan Bisnis Melonjak”. Diambil dari Koran kompas. Berikut penjabarannya.

Fakta : Lembaga riset property Colliers International Indonesia menyatakan bahwa harga apartemen di pusat bisnis Jakarta melonjak hingga 24,5 persen pada kuartal ketiga tahun ini. (paragraf pertama)

Opini penulis :  






4. Pendidikan

Berita keempat mengenai pendidikan dengan judul “Kampung Inggris di Kota Pendidikan”. Beritaa tersebut diambil dari Koran Media Indonesia (gambar menyusul). Berikut penjabarannya.
Fakta : Kelima kecamatan itu ialah Kecamatan Sukun, Lowokwaru, Klojen, Kedungkandang, dan Kecamatan Blimbing. (paragraf ke-22)
Opini penulis : Di banyak wilayah, mahasiswa tidak hanya menjadi tutor belajar, tetapi juga berpraktik dalam upaya pemberdayaan ekonomi. (paragraf ke-23)

You May Also Like

5 komentar