Pengalaman Morning Sickness

by - 7/25/2017



Semenjak jadi bumil saya jadi selektif banget sama makanan dan minuman yang mau dikonsumsi. Mungkin hampir semua ibu hamil kayak gitu ya, apalagi yang baru petama kali mau jadi ibu. Nah, karena pengen jaga kemahilan biar sehat dan ngga mau terjadi apa-apa sama babynya, alhasil tiap mau makan sesuatu dikit-dikit google dikit-dikit google. 

Salah satu kendala bumil yang sering umum terjadi yaitu morning sickness. Hampir semua bumil di muka bumi ini pasti ngerasain morning sickness di awal kehamilan. Biasanya terjadi pada trimester pertama, tapi ada juga yang ngerasain morning sickness sepanjang kehamilan dan baru hilang pasca melahirkan. 

Morning sickness itu rasanya nikmat banget. Kalo belum muntah dan keluar sampe ada rasa pahit-pahitnya tuh kayanya belum lega. Ya walaupun begitu, morning sickness bukan sesuatu yang perlu dikhawatirkan kok karena morning sickness  menandakan bawah janin dalam perut bumil sehat. Eits... tapi bukan berarti bumil yang ngga ngerasain morning sickness itu janinnya ngga sehat ya.

Nah, selama masa kehamilan ini saya bahkan ngga cuma ngerasain mual dan muntah di pagi hari aja. Mungkin karena saya juga memiliki masalah asam lambung. Jadi, jika perut dalam keadaan kosong saya akan merasa sangat mual dan nyeri dibagian ulu hati bahkan setelah makan pun terasa ingin muntah.  Walaupun begitu, saya juga ngga selalu memuntahkan isi perut ketika ingin muntah. Saya biasanya selalu mengantisipasinya dengan langsung minum air hangat. Setelah itu biasanya saya langsung merebahkan diri ditempat tidur atau sofa dengan posisi kepala harus lebih tinggi dari perut.

Selain itu akhir-akhir ini saya mengkonsumsi minuman jahe. Bukan jahe instan yang beli di supermaket atau warung samping rumah, tapi jahe buatan sendiri. Setelah minum jahe tuh rasanya perut jadi hangat dan nyaman. Dari hasil browsing sana-sini, ternyata minuman jahe ini bahkan ngga cuma untuk mengatasi morning sickness. Berikut ini beberapa manfaat yang bisa bumil dapat dari minum jahe.

  • Meredakan pusing
  • Meredakan penyakit maag
  • Melancarkan sistem pencernaan
  • Meningkatkan sistem imun ibu hamil

Itu beberapa manfaat yang bisa diambil dari minum jahe. masih banyak manfaat kesehatan yang bisa didapat dari minum jahe. Dengan segudang manfaatnya jahe memang baik untuk ibu hamil, tapi perlu diingat bumil ngga boleh konsumsi jahe secara berlebihan. Ingat sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. Jangan sampai bumil minum jahe 10 gelas per hari ya hihi.... Kalo saya pribadi cukup minum segelas aja perhari, tapi saya minumnya juga ketika merasa mual dan perut tidak nyaman.


You May Also Like

5 komentar