Pengalaman Diare Saat Hamiĺ

by - 1/01/2018

Sebenarnya tulisan ini sudah lama saya tulis cuma nggak saya pos karena ya biasalah penyakit males-malesannya kambuh. Ini saya kurang lebih pas saya hamil 7 bulan sekitar pertengahan november. Yuk di simak!

Waktu itu tepatnya Minggu saya berkunjung ke rumah sepupu yang nggak gitu jauh dari rumah saya. Sampai sana saya langsung dibuatin minuman teh instan sama tante saya dan langsung ditawarin rujak sama sepupu saya.

“Ada rujak mangga noh di kulkas”
“Siapa yg bikin?”
“Nyokap gue. Enak deh”
“Oh”

Di rumah sepupu saya, saya niat mau minta sisa-sisa bahan buat dibikin ikat rambut, sekalian bantu cek stock jilbab jualan kami dan potong2 bahan juga. Pas lagi rapihin jilbab eh sepupu saya ambil rujak yang di kulkas. Awalnya sih nggak minat tapi suami makan saya nyobain dua suapan DOANG. Saat itu sih fine-fine aja di perut, tapi pas abis makan rujak itu saya nggak minum karena saya maunya minum air mineral dingin yang beli di warung. Saya emang gitu, mau di ruma sendiri atau rumah orang lain saya paling anti minum air kulkas, karena menurut saya hampir semua kulkas di tiap rumah itu jarang dibersihin daaaan pasti ada satu dua orang rumah yang minum ngga pake gelas! Tapi langsung dari botolnya (bahasa inggrisnya mah di kokop). Di rumah saya, kakak saya suka begitu, walaupun bibir sama botol enggak nempel tapi kebiasaan buruknya itu ditiru sama anaknya. 

Namanya anak-anak gitu loh mana ngerti. Jadilah kebiasaan sepele yang buruk.
Oke kembali ke masalah sumber diare saya. Jadi karena saya nggak ngerasa kepedesan alhasil saya abaikan minum sampai pas lagi potong bahang tiba-tiba keringetan parah (udah biasa sih sejak hamil) terus saya minta minum air putih dari galon. Sorenya saya pulang, badan masih biasa aja sampe agak maleman saya mulai ngerasa badan pada pegel apalagi bagian betis. Saya juga ngerasa kaya tanda-tanda mau demam. Biasanya kalo demam badan pasti pada pegel. Kaya abis diinjek-injek polisi.

Nggak lama kemudian setelah sejam ngerasaan badan mulai nggak enak tiba-tiba saya mules dan lari ke kamar. Mulesnya masih wajar, saya nggak curiga kalau ternyata feces yang keluar berupa cairan. Waduh dalam hati kayanya saya mau diare. Bener aja selang setengah jam saya poop lagi dan masih sama tetap poop air. Sampe akhirnya saya bilang suami dan dia paksa saya ke bidan. Saya nggak mau kekeuh karena masih ngerasa belum parah2 amat kan. Tapi saya mikir lagi, saya lagi hamil takut juga kenapa2 nantinya dan saya nurut deh sama suami. Pas di bidan masih bisa cengengesan tensi darah masih normal juga, BB masih sama juga dan detak jantung baby masih normal juga. Terus di kasih obat 3 macam, isinya obat diare, kalsium buat tulang, sama penghilang mual. Pulang deh ke rumah.

Sebelum tidur obat di minum terus tidur sambil dipijet punggungnya pelan-pelan pake minyak kayu putih yang diiklanin sama Prilly tuh. Sejak hamil udah ga berani oles-oles ke perut pake freshcare katanya sih bahaya. Well, ceritanya udah tidur daaan jam 12 teng kebangun. Dan jeng jeng jeng jeng, Ya Allah rasanya perut ngga enak banget, badan panas, pegel makin menjadi-jadi sampe dalam waktu sejam itu saya 4 kali poop! Saya masih ga tega bangunin suami sampe jam 3 saya baru bangunin karena udah nggak tahan. Itu pun dia matanya sambil merem-merem aja karena emang ngantuk banget dan pagi harus kerja. Saya cuma bisa minum air putih di botol yang saya siapin sambil coba tidur. Sempet bisa tidur sebentar tapi tiap mules saya pasti bangun dan jalan tertatih-tatih (kaya nenek2 pake tongkat) karena betis pegel bangeeeet.

Akhirnya subuh pun tiba, ibu saya bangun (Btw, udah sebulan saya di rumah ibu) lalu tanya keadaan saya, saya ceritain dengan sejujur-jujurnya dan beliau langsung panik, saat itu juga langsung ajak saya ke bidan/dokter lagi. Saya pun menolak. Saya masih berpikir mungkin obatnya belum bereaksi sampai akhirnya sepanjang hari senin itu saya cuma bisa berbaring meringkuk kesakitan ditambah bolak balik kamar mandi. Bener-bener nggak enak banget rasanya.

Sore hari ibu saya pulang dari kantor kemudian beliau menawarkan saya untuk dikerik atau dikerok. Waduh saya kan lagi hamil dan nggak boleh dikerok. Tapi dengan kasih sayangnya yang tulus (cie elaaaaah) beliau mengerok punggung saya dengan campuran minyak sayur+minyak kayu putih. Eits tentunya nggak pakai koin tapi pakai bawang merah (kaya baby). Punggung langsung dibalur ramuan tersebut sambil dikerok dengan bawang merah secara perlahan (lebih kaya dipijit sih dari pada dikerok). Ah pokokknya nyaman banget. Love you full emaaaak...

Walalupun abis dipijit sama ibu tapi teteup aja diare saya masih menggebu-gebu sampe akhirnya pindah ke bidan lain yang cuma diperiksa tanpa dikasih obat. Katanya obat yang ada diabisin aja dulu. Oke pulang lagi. Karena ditunggu sampe malem keadaan saya gitu gitu aja. Makan dikit langsung crot minum dikit langsung crit. Jujur aja saya sampe poop di celana loh sedikit padahal udah ngebut ke kamar mandi hahaha memalukan. Akhirnya saya balik lagi ke bidan yang pertama kali saya datangi itu (tempat check up tiap bulan) padahal baru semalem eh udah balik lagi aja hiks.

Sampe bidan dicek tensi sama BB. Tensi saya rendah banget beda sama hari sebelumnya, berat badan saya juga turun sekilo (sedih banget padahal cara saya naikin BB cuma dengan hamil). Dengan bidan yang berbeda saya pun dikasih obat yang lebih banyak. Buat saya yang paling penting adalah obat diarenya! Dan saat itu dikasih Diatabs. Sebelumnya saya udah browsing juga soal diatabs dan ada temen juga yang saranin pake diatasb, katanya aman buat bumil. Eh ternyata saya dikasih diatabs juga akhirnya.

Senin malam saya mulai konsumsi diatabs dan obat lainnya. Saya udah mulai bisa tidur cukup lama walaupun masih kebangun di jam 2-3 pagi dan perut saya juga mulai terasa agak lebih enakan walaupun poop masih encer. Namun ada masalah baru. Asam lambung, iyaaa asam lambung saya naik dan nggak ilang-ilang. Saya udah minum banyak air hangat, menghirup minyak angin aroma terapi, sampe oles minyak kayu putih tetep nggak ngefek. Sampai sudah muntah pun saya tetap merasa nyeri pada ulu hati saya. Biasanya kalo udah muntah tuh perut udah enak tapi ini nggak! Saya browsing satu-satu obat yang dikasih bidan. Daaaan benar saja efek samping dari beberapa obat adalah mual dan muntah. Akhirnya Selasa siang saya hanya minum diatabs-nya saja walaupun asam lambung saya tetap naik. Saya cuma bisa berbaring sambil minum air hangat terus dan terus, sampe coba bikin air lemon yang katanya bisa bantu turunkan asam lambung tapi tetep aja nggak ada perubahan yang berarti.

Akhirnya saya stop semua obat karena saya rasa saya sudah tidak terlalu sering bolak balik kamar mandi lagi walaupun sampai hari Rabu poop saya masih berupa cairan tapi mulas yang saya rasa dari efek diare juga udah mulai hilang. Dan di hari Kamis saya udah mulai lebih enakan lagi karena asam lambungnya udah hilang juga, udah bisa makan banyak, dan malah sampe siang hari saya belum poop (mungkin karena kemarin kebanyakan poop)

Kejadian diare kali ini bener-bener paling nyiksa dan saya kapooook makan pedes pas lagi hamil gini, karena saya takut banget babynya ikut kenapa-kenapa. Pokokknya buat ibu hamil yang udah tua jangan makan yang macem-macem deh terus kalo diare mending langsung pergi ke dokter aja dan minta obat yang bagus. Jangan lupa banyak minum air putih kalo lagi diare! Harus pokokknya ya!
Gitu aja pengalaman diare saya yang bikin saya pengen salto koprol. Btw, maafkeun kalo banyak kalimat sensitif alias joroknya. Saya cuma mau berbagi pengalaman aja :3

You May Also Like

1 komentar